Sabtu, 12 Maret 2011

Uniknya Sebuah Persepsi

Penilaian terhadap sesuatu yang baru yang dialami oleh seseorang terkadang membuat menjadi takut dan ragu untuk melakukannya. Kebiasaan yang kita lakukan adalah menggali informasi tentang hal baru tersebut. Dan biasanya kita mendapatkan informasi dari pengalaman dan pengetahuan yang dialami oleh seseorang yang kemudian diceritakan kembali sehingga muncul suatu persepsi. Persepsi adalah proses memberi makna pada sensasi sehingga manusia memperoleh pengetahuan baru (Jalaludin Rakhmat).

Jadi pengalaman dan pengetahuan yang dialami oleh seseorang sangat mempengaruhi juga dengan persepsi yang dimilikinya. Sedikit kita melihat beberapa gambar dibawah ini :

(foto dari Materi Kuliah prof DedyMulyana)

Ada sebuah pertanyaan yang harus anda jawab:

Bagian Tubuh manakah gambar dibawah ini ? (jangan melihat kebawah terlebih dahulu)

Bagaimana penilaian anda terhadap gambar di atas apa yang ada dalam kepala anda ? ini tergantung dari isi kepala kita dan saya yakin penilaian setiap orang pasti sangat berbeda-beda. Penilaian tersebut juga sangat dipengaruhi dengan pengetahuan dan pengalaman yang dialami oleh setiap individu.

Jawaban yang tept adalah "Ketiak"

(foto dari Materi Kuliah prof Dedy Mulyana)

Setiap orang memiliki kemampuan untuk memaknai sebuah objek sendiri. Jika kita sadar banyak para persepsi sekarang ini dijadikan sebuah senjata dalam dunia bisnis. Hal ini kita bisa kita lihat secara langsung dengan banyaknya Iklan yang menawarkan produk. Selain itu Persepsi juga digunakan sebagai tools untuk membentuk image atau citra para elit politik. Jika ingin penilaian kita terhdap suatu objek akan lebih bertambah bagus dan tidak salah marilah kita banyak menambah pengetahuan kita agar sesuatu yang positif tidak menjadi negative dan begitupun sebaliknya. Being Smart is a must

Tidak ada komentar:

Posting Komentar